Cara Membuka Windows Settings Berbasis UWP

Bagaimana cara untuk membuka windows settings yang berbasis uwp ciptaan microsoft dengan cepat pada windows 8,windows 8.1 dan windows 10,dengan 4 cara variasi.
Cara Membuka Windows Settings Berbasis UWP

Kesempatan kali ini saya akan membahas aplikasi terbaru yang ada di windows 8 sampai windows 10 yaitu settings app berbasis uwp atau aplikasi berbasis desktop baru,meskipun dikenal cukup lama tetapi temen-temen disini pada penasaran untuk bagaimana cara kerja dari aplikasi settings ini.

Aplikasi ini mengalami perombakan yang cukup besar dan mengalami update major nya pada windows 10,aplikasi setting ini sebenarnya berfungsi untuk menggantikan aplikasi lama yaitu control panel tetapi untuk tahun ini dikatakan belum maksimal untuk menghilangkan control panel di windows 10 maka dari itu microsoft tetap mempertahankan control panel sebagai pengaturan hybrid.

Cara Membuka Setting Windows

Sedangkan untuk cara membukanya saya menemukan 4 cara untuk windows 10 dan 3 cara untuk windows 8 sampai 8.1.
Windows Settings Berbasis UWP

Menggunakan Hotkey

Yang pertama adalah dengan menggunakan hotkey disini temen-temen bisa membuka aplikasi setting hanya dengan menekan tombol Windows + I lalu aplikasi tersebut akan otomatis terbuka.

Menggunakan Start Menu

Kedua menggunakan fitur start menu,di windows 10 start menu berada di pojok kiri bawah.Dengan mengklik icon windows maka akan terdapat icon gear atau settings yang menandakan bahwa untuk membuka setting windows bisa mengklik icon tersebut.Sedangkan untuk windows 8 dan 8.1 dengan menggeser dari bawah ke atas pada pojok kanan lalu pilih settings.
Cara Membuka Windows Settings Berbasis UWP Start Menu

Menggunakan Windows Run

Dengan menggunakan windows run kita juga bisa membuka windows settings dengan mengetikkan nama package dari aplikasi tersebut,buka terlebih dahulu windows run dengan menekan Windows + R lalu ketikkan ms-settings: dan ENTER.
Cara Membuka Windows Settings Berbasis UWP Windows Run

Menggunakan Action Center

Action center ini hanya terdapat pada windows 10 jadi untuk membuka settings melewati action center kita harus mengklik icon action center yang terdapat di pojok kanan atau dengan menekan hotkey Windows + A lalu pilih All settings.
Cara Membuka Windows Settings Berbasis UWP Action Center