Mengenal Jenis Partisi Dan File System

Mengenal Jenis Partisi Dan File System

Pasti temen-temen tidak asing dengan yang namanya file media penyimpanan tetapi temen-temen tahukah tentang jenis partisi dan file system.Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas perbedaan antara system partisi MBR dan GPT.

Partisi merupakan mekanisme pembagian data agar pengelolaan lebih jadi mudah,menjaga keamanan data karena karena pertisinya terpisah dan mudah di ingat.Sedangkan untuk file system adalah metode untuk penyimpanan data dan pengaturan data yang biasa disebut dengan format,biasanya sistem operasi hanya mendukung beberapa file system jadi tidak selalu jika file system ini mendukung di sistem operasi lain.

ARTIKEL INI AKAN SAYA UPDATE SEIRING DENGAN PERKEMBANGAN

Jenis Partisi

Setiap pebagian data partisi juga mempunyai format sendiri seperti layaknya flashdik dan kartu memori untuk membedakan silahkan simak dibawah ini.

Partisi Primary

Jika diartikan yaitu partisi utama fungsi dari partisi ini adalah sebagai penyimpanan sistem operasi dan partisi inilah yang akan diprioritaskan untuk booting pertama kali.

Partisi Logical

Yaitu tipe partisi yang berada di dalam partisi extended,partisi ini tidak bisa digunakan untuk booting dan memiliki jumlah tidak terbatas untuk membuat partisi ini.

Partisi Extended

Atau partisi tambahan yaitu partisi yang menampung partisi logical dan tidak berfungsi untuk menampung data,partisi ini merupakan salah satu jenis partisi utama saja dan hanya memperbolahkan 1 partisi saja.

Jenis File System

Merupakan sistem berkas yang berfungsi untuk mengendalikan data atau berkas pada suatu partisi,pada windows,linux maupun android mempunyai file system yang berbeda-beda.

NTFS

Merupakan kepanjangan dari New Technology File System yang merupakan standarisasi untuk sistem partisi windows yang dikembangakan oleh Windows NT,Fitur yang terdapat pada NTFS merupakan pembuatan directory yang tidak terbatas dan bisa mengenkripsi data sekaligus memiliki kompabilitas data dengan sistem operasi yang lainnya.

FAT12

File System ini pertama kali digunakan untuk DOS (Disk Operating System) dan dan bisa mendukung penyimpanan sampai 32MB,file system ini biasanya digunakan pada floppy disk atau disket saja karena keterbatasan penyimpanan.

FAT16

File sistem ini pertama kali diusung untuk DOS (Disk Operating System) dan hanya bisa mendukung penyimpanan sampai 2GB.

FAT32

Ini merupakan jenis file system yang paling baru diusung oleh microsoft,file system ini tidak mendukung enkripsi jadi untuk keamanannya tidak bisa dijamin dan hanya bisa menyimpan maximum 4GB.

VFAT

VFAT atau Virtual FAT merupakan variasi dari sistem FAT16 yang diintegerasikan ke dalam sistem operasi windows 95 dan windows nt 3.51.

EXT2

Second Extended File System atau lebih dikenal dengan EXT2 merupakan file system pertama kali yang digunakan oleh linux,file system ini membagi system menjadi block dan dapat menyimpan file hingga 16GB dan dengan partisi maksimum 4TB.

EXT3

Third Extended File System merupakan journalled file system yang didesain untuk melindungi file yang terdapat file system tersebut,journalling system tersebut bisa menyimpan log perubahan sehingga perubahan seperti crash dan hang bisa dilihat,EXT3 merupakan pengembangan dari EXT2.

EXT4

Fourth Extended File System pertama kali dirilis oleh linux pada saat rilis kernel stabil versi 2.6.28 jadi apabila temen-temen mendapati distro yang dirilis atau update pada versi kernel tersebut atau diatasnya maka otomatis akan memakai file system ini selain itu versi e2fsprogs harus menggunakan 1.41.5 atau yang lebih baru,EXT4 juga merupakan pengembangan dari EXT3 yang dimana mendapatkan fitur yang lebih baru seperti fastfsck,journalling check-summing dan defragmentation support.

SWAP

File system ini hanya ada di linux dan memiliki fungsi sebagai virtual memory atau penyimpanan data sementara,tujuan dibuat file system ini merupakan sebagai penunjang ram yang kecil dikarenakan spesifikasi pc atau laptop jaman sekarang yang semakin overpower maka file system ini sekarang jarang digunakan karena ukuran ram yang sudah mencukupi untuk menjalankan operating system linux ini.

F2FS

Flash-Friendly File System merupakan file system yang dikembangkan oleh Kim Jaegeuk di Samsung Electronics untuk memenuhi kebutuhan kernel linux yang membutuhkan kecepatan membaca dan menulis yang lebih cepat,pertama kali diusung file system f2fs ini memperhitungkan karakteristik flash NAND perangkat penyimpanan yang berbasis memori (SSD,eMMC dan SD Cards).

ZFS

Yang merupakan kepanjangan dari Zettabyte File System yang dahulu dikembangkan secara private atau internal oleh Sun Microsystem (Sekarang Oracle Corporation) sebagai bagian solaris.ZFS dapat diskalakan, dan mencakup perlindungan luas terhadap korupsi data, dukungan untuk kapasitas penyimpanan tinggi, kompresi data yang efisien, integrasi konsep sistem file dan manajemen volume, snapshot dan klon copy-on-write, pengecekan integritas berkelanjutan dan perbaikan otomatis, RAID- Z, ACL NFSv4 asli, dan dapat dikonfigurasi dengan tepat.ZFS memiliki keterbatasan pada ukuran maksimal volume 256 trillion yobibytes,maksimal ukuran file 16 exbibytes,maksimal panjang nama file 255 ASCII.

XFS

File system ini sangat unggul dalam pelaksanaan operasi input atau output paralel karena desainnya didasarkan pada kelompok alokasi (sejenis pembagian volume fisik di mana XFS digunakan - juga disingkat menjadi AG).Karena itu, XFS memungkinkan skalabilitas ekstrim dari benang I / O, bandwidth sistem file, dan ukuran file serta sistem file itu sendiri ketika menjangkau beberapa perangkat penyimpanan fisik. XFS memastikan konsistensi data dengan menggunakan jurnal metadata dan mendukung hambatan penulisan.XFS merupakan journaling file system 64 bit yang berkinerja tinggi yang dibuat oleh Silicon Graphics,Inc (SGI) pada tahun 1993 yang merupakan sistem file default dala sistem operasi IRIX SGI.Keterbatasan file system XFS pada ukuran maksimal volume dan ukuran maksimal file 8 exbibytes,maksimal panjang nama file 255 bytes dan menerima semua jenis karakter kecuali NULL dan "/".

Btrfs

Merupakan kepanjangan untuk file system b-tree yang berdasarkan prinsip copy-on-write(COW) yang awalnya dirancang di Oracle Corporation untuk digunakan di Linux.Pengembangan ini dimulai pada tahun 2007.Btrfs ditujukan untuk mengatasi kurangnya pooling, snapshot, checksum, dan spanning multi-perangkat integral dalam sistem file Linux.Developer yang mengembangkan file system ini adalah Facebook,Fujitsu,Fusio-IO,Intel,Linux Foundation,Netgear,Oracle Corporation,Red Hat,STRATO AG dan SUSE.

HAMMER

File System yang dikembangkan oleh Matthew Dillon ini mempunyai arsitektur 64 bit yang dipergunakan untuk DragonFly BSD menggunakan B+ trees.Fitur utamanya termasuk snapshot NFS yang dapat diekspor, operasi master-multislave, retensi histori yang dapat dikonfigurasi, pemasangan fsckless-mount, dan checksum untuk menangani korupsi data.HAMMER juga mendukung deduplikasi blok data, yang berarti bahwa blok data yang identik hanya akan disimpan satu kali pada sistem file.istem file HAMMER menyediakan histori filesystem berbutir halus yang dapat dikonfigurasi dengan ketersediaan snapshots online. Hingga 65536 master (read-write) dan slave (read-only) sistem file semu (PFSs), dengan parameter retensi individu independen dan penomoran inode, dapat dibuat untuk setiap sistem file.HAMMER mendukung volume hingga 1 EiB kapasitas penyimpanan. Sistem file mendukung CRC checksumming data dan metadata, koreksi tata letak online dan deduplikasi data, dan alokasi inode dinamis dengan jumlah inode efektif yang tidak terbatas.

JFS

Kepanjangan dari Journaled File System yang dibuat oleh IBM dan mempunyai arsitektur 64 bit,Yang mempunyai fitur Journal file system,B+ tree,Dynamic Inode Allocation,Extents,Compression,Concurrent Input/Output(CIO),Allocation Groups,JFS Superblocks.Meskipun mempunyai banyak fitur JFS tetap mempunyai keterbatasan seperti maksimal ukuran volume 32 PB,maksimal ukuran file 4 PB,maksimal panjang nama file 255 bytes dan menerima semua jenis karakter di nama file kecuali NULL.

Baca juga