Macam-Macam Lisensi Pada Windows

Mengenal macam-macam lisensi pada windows seperti oem,volume,dan retail beserta cara mengecek apakah lisensi itu ori atau tidak
Macam-Macam Lisensi Pada Windows

Windows merupakan jenis sistem operasi yang banyak diminati dan digemari oleh user yang tidak ingin repot dan penggunaan yang mudah,tetapi apakah temen-temen sudah mengenal macam-macam lisensi pada windows.Lisensi pada windows ada 3 macam dan itu juga banyak orang yang tidak tahu,beberapa orang bahkan seringkali menggunakan software cracking untuk melakukan pembajakan padahal tindakan itu merupakan illegal dan rentan mendapatkan jeratan undang-undang ITE yang mulai tahun ini berlaku di negara Indonesia.

Disini saya akan membagikan macam-macam perbedaan dari lisensi windows ini dari mulai yang paling murah sampai paling mahal.

Macam-Macam Lisensi Pada Windows

Ada 3 lisensi pada windows,lisensi ini juga berlaku pada product office dan product microsoft yang lainnya,lalu apa saja lisensinya? simak dibawah ya.

Lisensi OEM

Ini merupakan lisensi windows yang paling murah dan paling banyak digunakan pada notebook jaman sekarang karena penggunaan dan registrasi yang mudah,lisensi ini juga terintegerasi dan tertanam oleh hardware yang kalian miliki saat membeli suatu perangkat seperti notebook,biasanya lisensi ini tertanam pada motherboard.Meskipun lisensi ini mempunyai kelebihan yang harganya mudah tetapi lisensi ini mempunyai kekurangan yaitu lisensi ini tidak bisa dipindah-pindah dan diinstall di perangkat lain dikarenakan lisensi ini sudah tertanam pada hardware.

Lisensi Retail

Lisensi ini bisa dibeli melalu windows store ataupun distributor,lisensi ini berisikan dus box yang berisikan CD windows dan product key.Lisensi ini juga bisa temen-temen pindahkan dari perangkat ini ke perangkat lainnya dengan syarat perangkat yang ini sudah di unregister lisensi agar lisensinya bisa di register lagi di perangkat lainnya.Meksipun lisensi ini mempunyai kelebihan yang sangat berguna dan terjamin yaitu dengan memindahkan lisensinya di beberapa perangkat tetapi kelemahan lisensi ini sangatlah mahal.

Lisensi Volume

Ini merupakan jenis lisensi yang sangat flexsibel dan yang terpenting lisensi ini hanya untuk perusahaan yang sudah memesan lisensi volume ke microsoft,lisensi ini bisa digunakan di beberapa perangkat yang berbeda.Sedangkan untuk kapasitasnya perangkatnya bisa menyesuaikan perjanjian perusahaan dengan microsoft

Lisensi Murah

Banyak orang ataupun toko yang menjual lisensi windows yang berharga murah dan terjangkau namun apakah temen-temen tahu jenis lisensi itu? apakah lisensi itu legal? untuk menjawab pertanyaan tersebut cukuplah mudah biasanya toko atau orang tersebut menjual dengan lisensi volume karena lisensi ini bisa digunakan bersama untuk perangkat yang berbeda,tetapi apakah lisensinya legal? lisensinya legal tetapi cara penggunaannya saja yang tidak legal dan termasuk illegal karena lisensi volume sendiri digunakan untuk perusahaan bukan untuk perorangan.

Melihat Jenis Lisensi

Untuk melihat jenis lisensi windows yang kita gunakan cukup mudah dengan membuka command prompt dan mengetikkan slmgr /dli akan muncul pop up windows baru yang menyatakan jenis dari lisensi temen-temen.
Check Jenis Lisensi Windows