Cara Mempercepat Kinerja Harddisk Atau Defragment

Bagaimana cara mempercepat kinerja harddisk agar tidak lemot menggunakan software defragment pada windows.
Cara Mempercepat Kinerja Harddisk Atau Defragment

Pasti tau namanya harddisk kan ituloh media penyimpanan yang sering kita pakai,bila belum tahu silahkan baca refrensinya.Temen-temen pasti pernah mengeluh tentang persoalan baca dan tulis pada harddisk ini,ya meskipun tergolong murah meriah dibandingkan ssd harddisk ini tergolong lebih awet kalau masalah media penyimpanan.

Lalu apa itu Defragment? Defragment merupakan penyusunan kembali file-file yang berantakan atau yang diperbarui,lebih sederhananya yaitu merapikan file-file agar proses read dan write bisa lebih cepat.

Manfaat Defragment Harddisk

  • Kinerja read dan write harddisk menjadi lebih cepat
  • Memastikan file yang terpakai
  • Mempercepat proses pencarian

Cara Membuka Disk Defragment

Adapun beberapa cara agar bisa membuka aplikasi bawaan disk defragment pada windows ini,selain itu kita juga bisa menggunakan software pihak ketika seperti buatan priform dan auslogics.

Dengan Windows Search

Fitur ini sangat bermanfaat sekali bisa untuk menemukan file-file dan menemukan software yang sudah terinstal untuk membukanya pada tekan tombol Windows lalu ketikkan defrag dan pilih software yang bernama Defragment and Optimize Drives.
Cara Mempercepat Kinerja Harddisk Atau Defragment Windows Search

Mencari Di Start Menu

Dikarenakan ini merupakan software bawaan dan terinstall di dalam maka bisa dicari dengan menggunakan start menu untuk mencarinya bisa menekan tombol Windows lalu cari pada folder yang bernama Windows Administrative Tools dan pilih Defragment and Optimize Drives.
Cara Mempercepat Kinerja Harddisk Atau Defragment Start Menu

Menggunakan Windows Run

Ini merupakan run windows atau bisa disebut shortcut tinggal mengetikkan nama aplikasi atau codename nya dan langsung aplikasi tersebut akan muncul,untuk membukanya klik Windows + R dan ketikkan dfrgui.
Cara Mempercepat Kinerja Harddisk Atau Defragment Windows Run

Menggunakan Windows Explorer

Untuk cara ini cukup simple dan mudah tinggal membuka windows explorer dengan menekan Windows + E lalu pada pilihan partisi my computer klik kanan dan pilih properties,jika sudah maka akan disuguhkan window seperti dibawah ini dan klik optimize pada bagian Defragment and Optimize Drives.
Cara Mempercepat Kinerja Harddisk Atau Defragment Windows Explorer

Cara Optimize Atau Defragment Harddisk

Setelah kita mempelajari untuk membuka software defragmentnya maka selanjutnya adalah proses optimisasi,untuk caranya cukup mudah tinggal pilih partisi mana yang akan mau di optimisasi lalu klik Analyze,jika sudah maka dilanjutkan dengan mengklik Optimize.Untuk proses optimisasi tergantung file yang ditata bisa memakan waktu 1 sampai 2 jam.
Mempercepat Kinerja Harddisk Atau Defragment

Ada satu hal lagi biar kita tidak terlalu sering membuka dan menutup software ini dengan melakukan penjadwalan defrag secara otomastis dengan mengklik Change settings pada software defrag lalu centang Run on a schedule dan pilih rentang waktu bisa per hari per minggu ataupun perbulan jika sudah tinggal klik ok,maka proses defrag secara otomatis dan terjadwal akan dilakukan. 
Mempercepat Kinerja Harddisk Atau Defragment Schedule