Tahapan Membuka Control Panel Di Windows

Cara membuka control panel di windows xp, windows 7, windows 8, windows 8.1 dan windows 10 dengan cara terlengkap dan terjelas.
Tahapan Membuka Control Panel Di Windows

Pengaturan merupakan hal yang paling sangat penting dalam sebuah software apalagi dalam sistem operasi dalam kasus ini,semua versi windows mengumpulkan semua pengaturaanya kedalam software atau aplikasi yang disebut dengan control panel.Pada control panel ini terdapat semua fitur yang ada untuk mengatur sistem operasi termasuk pengaturan akun dan system security.

Di dalam semua versi windows control panel mengalami perubahan,pada windows xp dan windows 7 perubahan pada user interface dan user experience pada windows,dari windows 7 ke windows 8,windows 8.1 dan windows 10 perubahan penempatan pengaturan control panel ke aplikasi UWP settings.

Membuka Control Panel

Untuk membuka control panel sangatlah mudah dan sangat cepat,saya sudah menyiapkan beberapa tutorial untuk semua versi windows mulai dari XP sampai windows 10.

Windows XP

Pada windows untuk klik tombol Windows pada bagian pojok kiri bawah atau dengan menekan tombol Windows lalu klik pada bagian menu Control Panel.

Tahapan Membuka Control Panel Di Windows XP

Jika sudah maka akan menampilkan gambar seperti dibawah ini.

Tahapan Membuka Control Panel Di Windows XP

Windows 7

Untuk generasi lanjutan windows XP cara tersebut masih berlaku,temen-temen bisa mengklik tombol Windows lalu klik pada bagian menu Control Panel.

Tahapan Membuka Control Panel Di Windows 7

Jika sudah maka control panel akan muncul.

Tahapan Membuka Control Panel Di Windows 7

Windows 8 Dan 8.1

Pada Windows 8 dan 8.1 cara diatas sudah tidak berlaku lagi temen-temen bisa menggunakan menu search dengan shortcut Windows + S atau dengan mengklik tombol Search pada Windows 8 dan 8.1.

Tahapan Membuka Control Panel Di Windows 8 Dan 8.1

Lalu temen-temen bisa mengetikkan control panel secara manual.

Tahapan Membuka Control Panel Di Windows 8 Dan 8.1

Jika sudah maka control panel akan otomatis terbuka.

Tahapan Membuka Control Panel Di Windows 8 Dan 8.1

Windows 10

Windows 10 memiliki cara lebih simple daripada windows 8 dan 8.1,temen-temen bisa mengklik tombol search dipojok kiri bawah atau dengan menggunakan shortcut Windows + S dan mengetikkan secara manual control panel.

Tahapan Membuka Control Panel Di Windows

Temen-temen akan melihat control panel telah terbuka.

Tahapan Membuka Control Panel Di Windows

Fitur Control Panel

Dalam control panel terdapat sebuah menu dan didalam menu tersebut ada beberapa sub menu yang sangat variatif dan pada sub menu inilah yang beberapa akan hilang dalam versi windows 8 keatas,lalu apakah menu tersebut.

  1. System And Security yang berfungsi sebagai menu manajemen System di windows dan sekaligus sebagai security manajemen.
  2. Network And Internet sebagai menu mengatur koneksi antar sistem operasi,adapter dan driver yang terkait dengan internet.
  3. Hardware And Sound sebagai manajemen hardware atau driver yang terinstall ke dalam windows,pada menu ini juga akan muncul beberapa aplikasi yang terinstall di windows sebagai contoh aplikasi Nvidia Control Panel untuk graphics dan HD Audio Manager untuk system sound.
  4. Programs dalam menu ini terdapat beberapa program yang akan kita manajemen seperti menghapus atau beberapa pengaturan program akan muncul secara sendirinya seperti pada aplikasi java.
  5. User Accounts yang berfungsi sebagai manajemen akun dan hak user dalam menggunakan sistem operasi.
  6. Appearance And Personalization menu yang berfungsi sebagai kustomisasi pada sistem operasi windows.
  7. Clock And Region yang berfungsi sebagai mengatur jam,zona waktu dan lain lain.
  8. Ease Of Access sebagai menu untuk mengatur aksebilitas pengguna seperti Onscreen Keyboard,Narrator,Magnifier,High Contrast mode,Sticky Keys dan sebagainya. 

Posting Komentar