Resiko Tanpa Melakukan Backup Data

Resiko Tanpa Melakukan Backup Data
Pada dasarnya backup sangatlah penting dan sangat wajib sekali dilakukan apalagi data tersebut menyimpan banyak sekali data konsumen atau data-data penting lainnya, sekelas perusahaan pun harus meminimalisir data error dan kerusakaan lainnya dengan solusi backup secara harian atau berjangka. Dalam hal ini backup sangat direkomendasikan oleh perusahaan apapun itu yang mengurusi tentang data, saya sendiri juga merekomendasikan temen-temen backup data jika ingin melakukan sesuatu yang bisa menyebabkan data tersebut kemungkinan akan hilang, seperti menginstal sistem operasi, shrinking partisi, mengubah ukuran partisi dll.

Kerusakan Secara Tiba-Tiba

Data seringkali tersimpan kedalam teknologi penyimpanan yang dimana kita tidak bisa memperkirakan kapan rusaknya dan kapan itu bisa sembuh kembali pada hal ini, data sangat rentan sekali hilang dikarenakan media penyimpanan yang rusak secara tiba-tiba tanpa adanya notifikasi dari system. Oleh karena backup sangatlah penting dilakukan meskipun itu dilakukan hanya berjangka 1 bulan sekali untuk personal.

Virus Dimana-Mana

Virus ataupun sejenisnya sangatlah berbahaya bagi data kita, sekarang bayangkan jika kita mendownload suatu file yang berjumlah banyak dan berhasil kita kumpulkan ke dalam koleksi kita dan tiba-tiba file tersebut terjangkit semua virus yang menyebabkan file koleksi kita harus dihapus secara paksa oleh antivirus tersebut tanpa adanya solusi lain. 

Jika itu terinfeksi oleh virus, tetapi bagaimana kalau terinfeksi oleh ransomware? dalam lubuk hati pasti akan merasakan kecewa dan marah karena tidak pernah melakukan backup pada sebuah data, ransomware sendiri merupakan proses enkripsi pada data kita, jadi kita tidak bisa membuka ataupun mengedit file kita tanpa adanya decrypt pada data kita, jadi sanyang data kita kalau sudah begini kan.

Menghargai Kerja Keras

Selain itu kita harus menghargai kerja keras kita sendiri, jika kamu penulis atau pun mahasiswa yang sedang melakukan riset data hilang pun menjadi sebuah ancaman yang sangat besar, bayangkan saja kamu mengetik mulai dari 0 sampai 20.000 kata atau lebih lalu data tersebut hilang atau belum di save gara-gara masalah sepele seperti lampu mati dll. Melakukan backup secara rutin sangatlah penting meskipun harus mengorbankan sedikit waktu daripada hasil kerja keras kita yang menggunakan banyak waktu hilang dalam sekejap.

Solusi

Dalam hal ini ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan untuk menghindari resiko-resiko tersebut seperti dibawah ini:

Melakukan Backup Secara Rutin

Lakukan backup secara rutin entah itu 1 bulan atau 2 bulan sekali, pokoknya temen-temen harus melakukan backup data. Untuk perusahaan sendiri memiliki rentang waktu backup dengan jangka waktu 1 hari sampai 7 hari hari, itu dilakukan untuk menjaga data agar lebih aman.

Kontrol Hak Akses Pada Data

Data ada 2 macam, data yang bisa diakses secara umum dan data rahasia yang hanya bisa diakses oleh orang tertentu saja, biasanya data akan tersimpan secara umum secara default dan bisa digunakan dengan mudah oleh user lain.

Untuk membatasi penggunaan data secara sembarang biasanya data disimpan secara rahasia bisa mengubah hak akses pada data maupun melakukan fitur hide pada data, agar tidak gampang dilihat oleh user lain.

Backup Data Itu Sangat Mudah

Teknologi sudah berkembang sangat jauh, proses backup menjadi sangat mudah dan cepat. Kita bisa menggunakan software pihak ketika untuk melakukan backup secara schedule atau berjangka, fitur yang disediakan oleh software pihak ketiga pun sangat banyak, mulai dari backup spesifik file sampai backup semua partisi dan harganya pun sangat relatif, mulai dari yang gratis dengan batasan fiturnya sampai dengan yang berbayar.

Gunakan Fitur Recovery

Biasanya pada sistem operasi kita, khususnya windows melakukan penjadwalan backup pada system (bukan data pribadi) saat kita melakukan penginstalan aplikasi ataupun melakukan hal-hal yang sering dianggap membahayakan oleh windows itu sendiri, dengan adanya fitur recovery temen-temen bisa mengembalikan data layaknya restore, tetapi yang kembali hanya system saja jika temen-temen tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Lakukan Backup Sekarang Juga!

Jadi tunggu apalagi, lakukan backup sekarang juga, sebelum data menghilang secara ghoib.
Simple dan mudah tetapi sering kali dilupakan.

Baca juga

Posting Komentar