Mengetahui Lokasi File Asli Dari Shortcut Windows

Cara mengetahui lokasi asli dari file atau folder pada shortcut yang terdapat pada desktop, startmenu, taksbar ataupun folder lainnya di windows
Mengetahui Lokasi File Asli Dari Shortcut Windows

Shortcut secara garis besar merupakan jalan pintas untuk mempercepat dalam mengakses sesuatu agar waktu yang digunakan menjadi lebih efisien dan tidak terbuang dengan percuma, shortcut tidak hanya 1 melainkan banyak sekali macamnya mulai dari shortcut keyboard (tombol kombinasi), shortcut pada file dan folder yang akan dibahas pada artikel sekarang. Tujuan shortcut ini diciptakan agar mempermudah pengguna dalam mengakses sebuah file ataupun folder agar lebih cepat digunakan dan mempersingkat waktu dalam penggunaannya, dalam hal ini seperti saat kita menginstall sebuah software baru, pada dasarnya software yang terinstall akan terletak pada C:\Program Files\Nama Software Baru\Run.exe nah biasanya struktur dari file running software tersebut akan seperti itu, karena ini sangat lama saat diakses maka muncullah sebuah shortcut yang terletak pada halaman utama atau desktop untuk mempercepat dalam menjalankannya, ini ditandai dengan adanya logo shortcut seperti pada gambar diatas yang terletak pada pojok kiri bawah, sedangkan untuk file asli tidak terdapat icon shortcut tersebut.

Untuk mengetahui lokasi dari folder atau file asli tersebut dibutuhkan beberapa cara agar bisa mengetahuinya, cara ini berguna bagi pengguna yang tidak tahu letak file atau folder asli tersebut, untuk caranya silahkan ikuti langkah dibawah ini.

Lokasi Folder Atau File Asli Dari Shortcut

Yang pertama kita lakukan adalah mengetahui apakah file atau folder tersebut adalah shortcut, untuk mengetahuinya terdapat icon shortcut yang terletak pada pojok kiri bawah. Jika yakin klik kanan dan pilih Properties, dalam kasus ini saya menggunakan folder bernama Games sebagai contoh.

Mengetahui Lokasi File Asli Dari Shortcut Windows

Nah disini kita akan mendapatkan beberapa informasi penting seperti dimana lokasi asli file atau folder tersebut dan informasi lainnya, pada gambar dibawah lokasi asli dari shortcut Games saya terletak pada D:\Games\Games untuk mengetahui lokasi aslinya bisa langsung mengklik Open File Location agar langsung diarahkan pada lokasi asli tersebut.

Mengetahui Lokasi File Asli Dari Shortcut Windows

Jika sudah maka akan muncul File Explorer baru yang menunjukkan lokasi dari file atau folder asli tersebut, pada gambar yang saya beri kotak pertama merupakan lokasi dari file asli sedangkan yang saya beri kotak kedua merupakan lokasi dari shortcut folder Games.

Mengetahui Lokasi File Asli Dari Shortcut Windows

Posting Komentar