Pengganti File Explorer Versi Modern Di Windows 10

Pengganti file explorer versi modern yang terdapat pada windows 10 dengan menggunakan UWP atau Universal Windows Platform
Pengganti Windows Explorer Versi Modern Di Windows 10
Daftar Isi

UWP atau Universal Windows Platform seperti cukup populer ditahun ini, dalam hal ini file explorer yang terdapat pada windows 10 perlahan-lahan mulai berubah yang dahulunya memakai win32 beralih ke tampilan seperti UWP, bisa dilihat dari tampilan search. File explorer yang terdapat pada windows bukanlah murni terbuat dari UWP itu semua hanya sekedar tampilan teteapi kemungkinan akan dialihkan kedalam UWP seperti rencana Microsoft yang sebelumnya.

Kali ini developer pihak ke 3 mengembangkan sebuah file explorer yang dibangun dengan UWP yang memiliki tampilan sangat bagus dan juga menarik, mungkin ini sebagai pengganti akan kebutuhan file explorer yang menggunakan UWP bagi user windows yang sudah menantikan hal tersebut.

Mengganti File Explorer Menjadi Modern

Sebelum menggunakan file explorer versi UWP kita diharuskan menginstallnya di Microsoft store yang bisa dibuka melalui link ini. Setelah dibuka bisa di download dengan mengklik tombol GET atau Install, untuk melakukan pemasangan. File explorer ini bisa didapatkan secara gratis, berhubung saya sudah melakukan penginstalan maka tombol akan berubah menjadi Launch.

Pengganti File Explorer Versi Modern Di Windows 10


Tampilan File Explorer UWP

Dari segi tampilan dan kepuasan user saya sendiri merasa puas dan terlihat lebih smooth saat memakai aplikasi ini, file explorer dengan gaya modern khas Microsoft. Pada gambar dibawah ini merupakan tampilan dari Home (saat pertama kali kita membuka file explorer).

Pengganti Windows Explorer Versi Modern Di Windows 10

Tampilan pengaturan.

Pengganti Windows Explorer Versi Modern Di Windows 10

Tampilan dengan beberapa file atau folder.

Pengganti Windows Explorer Versi Modern Di Windows 10

Kesimpulan

Dari artikel diatas bisa disimpulkan bahwa windows explorer yang dibangun dengan menggunakan UWP bisa menjadi lebih modern dan smooth, tetapi Microsoft mengambil langkah migrasi dari win32 ke uwp secara perlahan sehingga komunitas berusaha mengembangkan file explorer untuk memenuhi kebutuhan user. Pendapat saya mengenai file explorer versi UWP ini cukup menarik dan layak digunakan meskipun harus beradaptasi terlebih dahulu.

1 komentar

  1. keren euy file explore tambah ganteng