Efek Samping Yang Harus Diwaspadai Jika Mengkonsumsi Buah Bit Secara Berlebihan

Efek Samping Yang Harus Diwaspadai Jika Mengkonsumsi Buah Bit Secara Berlebihan

Buah bit atau buah bit merah merupakan buah yang memiliki banyak manfaat seperti menurunkan tekanan darah. Selain dikonsumi, buah yang berbentuk agak bulat dan bewarna ungu kemerahan ini juga bisa digunakan untuk pewarna makanan bahkan sebagai pengobatan, cukup banyak sekali manfaat dari buah bit ini selain mengkonsumsinya, tetapi jika mengkonsumsi buah bit terlalu berlebihan akan menimbulkan efek samping seperti berikut ini.

Tekanan Darah Rendah

Buah bit mengandung nitrat yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah bahkan bagi orang sehat, ini sangat bermanfaat bagi yang menderita hipertensi, tetapi bagi orang sehat ini merupakan suatu masalah jika mengkonsumsi buah bit berlebihan, dikarenakan dapat menyebabkan tekanan darah yang turun secara drastis, bahkan buah ini sangat berbahaya bagi mereka yang sudah mempunyai tekanan darah rendah.

Batu Ginjal

Bagi mereka yang memiliki masalah dengan penyakit batu ginjal, memakan buah bit sangatlah tidak disarankan. Karena dapat memperburuk mereka yang memiliki riwayat batu ginjal, buah bit sendiri mengandung oksalat yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal, maka dari itu memakan buah bit secara berlebihan dapat membentuk batu ginjal itu sendiri.

Beeturia

Beeturia sendiri sangatlah tidak berbahaya, dikarenakan mereka yang mengalami efek samping beeturia ini adalah mereka yang memiliki masalah dengan gangguan metabolisme zat besi. Beeturia sendiri mengakibatkan urin bewarna merah ungu seperti buah bit.

Sakit Perut

Efek samping ini disebabkan karena kandungan serat yang terdapat pada buah bit sehingga menyebabkan pembentukan gas. Jika anda menderita masalah gastrointestinal, makan buah bit bisa menyebabkan semakin memburuknya keadaan seperti perut kembung, kram, sembelit bahkan diare.

Asam Urat

Asam urat disebabkan karena timbunan berlebih asam urat dalam sendi, makanan yang tinggi oksalat seperti buah bit dapat menyebabkan efek samping asam urat, biasanya mereka yang mengkonsumsi buah bit berlebihan akan merasakan gejala seperti nyeri sendi ekstrim, area sendi tampak kemerahan dan merasakan demam tinggi.

Perubahan Warna Feses

Buah bit juga dapat menyebabkan kondisi yang disebut melena, kondisi tersebut mengacu pada feses dari kehadiran darah yang berubah warna. Meskipun efek samping ini tidak berbahaya, tetapi jika mengalami efek samping perubahan warna feses sebaiknya menghentikan mengkonsumsi buah bit, apabila feses masih menunjukkan tidak ada perubahan normal maka silahkan konsultasi ke dokter.

Gula Darah Naik

Buah bit memiliki indeks glikemi yang cukup tinggi sehingga menyebabkan lonjakan pada gula darah, ini sangat tidak bagus bagi mereka yang memiliki masalah dengan kadar gula darah.

Ruam

Ruam merupakan efek samping dari memakan buah bit, efek samping ruam ini tergolong ringan seperti alergi, gatal-gatal hingga menggigil dan demam, meskipun ini tergolong sangat jarang bagi setiap orang yang mengkonsumsi buah bit. 

Membahayakan Hati (liver)

Buah bit mengandung tembaga, fosfor, magnesium, dan zat besi. dari kandungan tersebut semua merupakan logam yang dimana sangat berbahaya bagi hati dan pankreas, sehingga menyebabkan akumulasi pada organ hati.

Masalah Kehamilan

Ibu hamil sangat sensitif terhadap nitrit, sedangkan buah bit sendiri memiliki kandungan yang banyak nitrit, oleh karena itu ibu hamil harus menghindari mengkonsumsi buah bit bahkan janin sendiri sangat sensitif terhadap nitrit.


Jadi bagi yang suka memakan buah bit ini disarankan jangan terlalu berlebihan ya, karena yang berlebihan itu tidak baik dan dapat menimbulkan efek negatif, tetapi jika kalian sudah terlanjur mengkonsumsi buah bit secara berlebihan dan menemukan gejala seperti penyakit yang disebutkan sebelumnya, bisa langsung konsultasi ke dokter.

Berbicara mengenai konsultasi ke dokter, Halodoc merupakan perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani di bidang telekonsultasi kesehatan yang menyediakan bermacam-macam pelayanan kesehatan seperti pembelian obat secara online, konsulatasi ke dokter secara online, pembelian obat secara online, pencarian lokasi rumah sakit di seluruh indonesia sampai pencarian dokter yang diinginkan. Untuk konsultasi ke dokter Halodoc tidak menarik biaya sepeserpun, ini sangat menarik dan perlu dicoba. Yang paling saya suka disini adalah Halodoc sudah tersedia dalam bentuk aplikasi Android dan iOS, jadi tidak perlu khawatir akan kebutuhan kesehatan di era digital ini, tinggal buka aplikasi atau website masalah sudah kelar, jadi semudah itu untuk melakukan telekonsultasi kesehatan.

Anda mungkin menyukai postingan ini

2 komentar

  1. Okatolenable
    Terimakasih kak, postingannya bermanfaat