Mengubah Folder Temporary Internet Download Manager


Internet Download Manager atau yang lebih dikenal dengan IDM merupakan software kategori tools yang berfungsi sebagai download manager, software ini berfungsi agar mempercepat download pada suatu web atau server, IDM juga bisa digunakan untuk mendownload video atau music secara direct atau bypass, ini disebut grabbing file. Bagi sebagian kalian yang menggunakan 2 disk di 1 laptop atau suatu komputer mungkin akan lebih merasakan efek dari mengubah folder temporary ini, kenapa? IDM menggunakan teknik merge dan download per part, jadi apabila kalian mendownload file yang berukuran 1GB maka file tersebut akan di pecah-pecah menjadi beberapa bagian, kenapa begitu? untuk memudahkan dalam melakukan pause dan resume download. Lalu setelah semua terdownload perbagian tersebut akan disatukan, nah proses penyatuan ini akan memakan waktu dan membebankan ke sistem operasi, nah bila kalian memakai 2 disk maka folder temporary ini bisa di tempatkan ke disk yang sering idle (bukan tempat sistem operasi).

Mengubah Folder Temporary IDM

Pastikan kalian sudah menginstall Internet Download Manager, jika sudah silahkan dibuka dan klik ke bagian Settings atau Pengaturan.


Setelah itu klik pada bagian Save to pada bagian section terdapat Temporary directory, untuk merubah tujuan folder temporary bisa mengklik tombol Browse.


Disini kalian bisa memilih tujuan folder temporary, saya mengatur temporary ke disk D:\Temp kalian juga bisa mengatur sesuai keinginan dan jangan lupa untuk menyembunyikan folder tersebut agar terlihat lebih aman, lalu yang terakhir klik Save.


Kalian bisa mencoba mendownload file dengan ukuran 1 GB lebih dengan mendownload lebih dari 2 file secara bersama, nanti akan terasa efeknya dari mengubah folder temporary ini.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar