Menyembunyikan File Atau Folder Di Windows

Cara menyembunyikan atau hidden file dan folder di windows agar menjadi aman dan tidak mudah dilihat oleh orang lain.
Menyembunyikan File Atau Folder Di Windows

Privasi sangatlah penting, bagi saya sendiri privasi merupakan sebuah rahasia yang harus dijaga ketat. Dalam teknologi khususnya jika kita memakai sistem operasi windows privasi menjadi lebih terbuka apabila kita tidak bisa memanfaatkan fitur keamanan pada sistem operasi windows tersebut, nah pada kali ini saya akan memberikan beberapa trick agar menjadikan file atau folder menjadi privasi atau bisa disebut menyembunyikan file atau folder yang semula terlihat menjadi tidak terlihat. Meskipun cara ini sangat sederhana tetapi ini merupakan tips aman untuk melindungi data rahasia kalian.

Menyembunyikan File Atau Folder

Dalam hal ini saya sudah membuat 2 folder dan 2 file yang dimana, folder pertama saya berikan nama folder1 dan folder kedua saya berikan nama folder2, dalam folder2 terdapat 1 file yang saya berikan nama file2, sedangkan untuk file kedua saya taruh diluar dengan nama file1 sehingga akan nampak seperti gambar dibawah ini.

Menyembunyikan File Atau Folder Di Windows

Untuk menyembunyikan silahkan pilih salah satu file atau folder dengan cara klik kanan lalu pilih Properties, jika sudah maka akan muncul sebuah window baru. Pada gambar dibawah menerangkan bahwa untuk melakukan hide kita harus mencentang Hidden. Jika sudah klik OK, jika berhasil maka file atau folder tersebut akan menghilang.

Menyembunyikan File Atau Folder Di Windows

Sekarang silahkan pilih folder dengan nama folder2 lalu lakukan hide seperti cara sebelumnya, jika terdapat sebuah opsi seperti pada gambar dibawah ini maka ada 2 kondisi untuk melakukan pemilihan. Untuk opsi pertama Apply changes to this folder only adalah melakukan hide pada 1 folder saja, jika pada folder2 terdapat file2 maka yang disembunyikan adalah folder2 tidak dengan file2. Sedangkan untuk Apply changes to this folder, subfolders and files maka akan menyembunyikan folder2 dan file2, bahkan sampai file-file terdalam jika ada.

Menyembunyikan File Atau Folder Di Windows

Mengembalikan File Atau Folder Yang Disembunyikan

Untuk mengembalikan file atau folder yang disembunyikan sangatlah mudah, tinggal mengulangi langkah-langkah tersebut sehingga nanti akan muncul secara sendiri, untuk lebih lengkap pelajari tahapan tersebut.

2 komentar

  1. wih keren mantap banget tutorial nya
  2. wow, baru tau saya trik menyembunyikan file/folder ini. nice work!