Sekarang Google Chrome Dan Microsoft Edge Mendukung Custom DNS

Sekarang Google Chrome Dan Microsoft Edge Mendukung Custom DNS

Browser yang berbasis chromium merupakan browser yang sangat populer dan stabil menurut saya, bahkan microsoft yang mempunyai browser berbasis edge (buatan sendiri) sampai rela menggantinya dengan berbasis chromium karena ketenarannya yang sulit untuk disaingi bagi browser baru, meskipun ada browser firefox sebagai rivalnya. Membahasa browser di update terbaru saat ini Chromium memberikan sedikit perubahan yang sangat berefek bagi saya, update tersebut sangat membantu bagi sebagian orang yang ingin mengakses website yang terblokir fitur apa itu? fitur tersebut adalah custom DNS, apa itu custom DNS?

Fitur Baru Browser Berbasis Chromium

DNS merupakan singkatan dari Domain Name Server yang berfungsi sebagai penghubung antara Uniform Resource Locator (URL) dengan Internet Protocol Address (IP Address). Lalu kenapa bisa membuka blokir website dengan DNS, di masing-masing browser terdapat pengaturan dns yang sudah diatur oleh Service Provider maka dari itu jika kita membuka website yang telah diblokir oleh Internet Service Provider maka tidak bisa diakses, tetapi dengan adanya Custom DNS ini maka masalah tersebut akan bisa diatasi karena DNS sudah tidak memakai layanan dari Service Provider itu sendiri tetapi dari pihak ketiga.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut usahakan menggunakan browser yang berbasis Chromium seperti Google Chrome ataupun Microsoft Edge yang terbaru, atau browser lainnya yang berbasis Chromium. untuk percobaan saya menggunakan browser Google Chrome. Pertama-tama adalah membuka versi Chrome dengan masuk ke Menu Help -> About, usahakan versi yang digunakan adalah versi dibawah ini atau bisa juga diatasnya.
Sekarang Google Chrome Dan Microsoft Edge Mendukung Custom DNS

Setelah itu kita masuk ke Pengaturan dan pilih tab di bagian kiri Privacy and security kita buka pada bagian Security.
Sekarang Google Chrome Dan Microsoft Edge Mendukung Custom DNS

Kita scrool sampai ke bagian Advanced disitu terdapat pengaturan Use secure DNS ubah dari With your current service provider ke Custom, disitu sudah disedikan layanan custom dns dari pihak ketiga, tidak semua layanan DNS dapat membuka website yang diblokir semua layanan DNS mempunyai aturannya sendiri untuk website yang diblokir, untuk saat ini saya lebih suka layanan DNS dari Cloudflare, kalian juga bisa mencoba layanan custom DNS dari pihak yang tidak tersedia dalam browser tersebut, untuk shortcut pengaturan custom DNS di google chrome bisa melakukan copy paste chrome://settings/security di address bar kalian. 
Sekarang Google Chrome Dan Microsoft Edge Mendukung Custom DNS

Sekarang kalian bisa mencobanya dengan membuka website yang terblokir, jika tidak bekerja silahkan ganti dengan layanan custom dns yang lainnya untuk membukanya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar