Melihat Kesehatan SSD Dan HDD Dengan Software Pihak Ketiga

Melihat Kesehatan SSD Dan HDD Dengan Software Pihak Ketiga

Media penyimpanan memiliki beberapa umur, tergantung dari mana kita melakukan maintance pada media penyimpanan tersebut. Maintance bisa dilakukan dengan melakukan defrag dan clean cache, tetapi sebagian orang bahkan tidak tahu hal sepele itu bisa membuat kinerja dari media penyimpanan semakin meningkat dan memperpanjang umur. Rata-rata umur dari hard disk adalah 5 sampai 10 tahun bahkan bisa lebih dari perkiraan jika kita melakukan maintance, sedangkan umur dari solid state drive tergantung dari write, apabila semakin banyak write maka umur semakin menipis, hal itu bisa di minimalisir dengan melakukan maintance secara wajar.

Membahas kesehatan dari media penyimpanan, saya ingin membagikan beberapa informasi untuk melihat umur dari ssd dan hdd agar kita bisa memperkirakan berapa umur yang tersisa, agar kedepannya bisa melakukan backup data ataupun migrasi agar sehingga data lama tidak hilang dengan sia-sia.

Melihat Umur Media Penyimpanan

untuk melihat umur hdd dan ssd ada beberapa software yang mendukung kedua media penyimpanan tersebut, salah satunya hdd sentinel, hdd sentinel bisa didapatkan dalam versi gratis (trial) dan berbayar. Setelah melakukan instalasi kalian bisa melihat status seperti gambar dibawah ini.
Melihat Kesehatan SSD Dan HDD Dengan Software Pihak Ketiga

Ada beberapa atribut penting untuk mengukur umur hdd dan ssd ini di hdd sentinel seperti performace, health, estimated remaining lifetime, dan lifetimes writes. untuk mengukur hdd ada beberapa aspek yang harus diperhatikan seperti health dan estimated, untuk mengetahui umur hdd kita perlu mengetahui jika health semakin mengecil dan lifetimes semakin pendek sudah dipastikan bahwa hdd tersebut tidak berumur panjang. Sedangkan untuk ssd ada aspek performace, health, estimated dan lifetime, untuk mengetahui umur ssd kita perlu mengetahui bahwa performance dan health semakin menurun, lifetimes semakin pendek sudah dipastikan bahwa ssd tersebut tidak berumur panjang, dan write semakin banyak.

Yang kedua ada SSD life pro dimana software ini dikategorikan sebagai software berbayar dan khusus untuk menangani ssd jika hdd sentinel tidak terlalu akurat, ada beberapa atribut penting yang harus diperhatikan di ssd life pro seperti throughput yang menangani read dan write pada ssd dan tambahan support teknologi ssd dan smart.
Melihat Kesehatan SSD Dan HDD Dengan Software Pihak Ketiga

Untuk software opsional merk-merk tertentu seperti samsung, kingston dll yang memiliki software health official bisa memakai software tersebut, karena software tersebut sudah di optimasi berdasarkan hardware yang sesuai seperti samsung dengan samsung magician dan kingston dengan kingston ssd manager.

Anda mungkin menyukai postingan ini

1 komentar

  1. sofanmax
    Jadi inget masa lalu saat masih pake floppy disk hehe 😄