Melihat Spesifikasi Linux Di Terminal

Melihat linux yang sedang digunakan menggunakan terminal di ubuntu maupun sistem operasi linux lainnya, dengan memanfaatkan 2 software yang populer.
Melihat Spesifikasi Linux Di Terminal

Linux merupakan sistem operasi yang sangat powerfull, bahkan menurut saya ini adalah sistem operasi teringan yang pernah saya coba, bisa dibilang ringan dikarenakan system ini hanya memakan resource yang sangat sedikit dan yang paling saya sukai adalah tidak ada batasan untuk melakukan kustomisasi terhadap sistem operasi ini. Nah di artikel kali ini saya akan membagikan 2 software yang terbilang cukup keren dan sangat populer, kegunaan software ini adalah untuk melihat spesifikasi tetapi tidak secara lengkap, yang dimaksud spesifikasi disini adalah spesifikasi linux yang sedang kita gunakan.

Kita tahu sendiri bahwa linux memiliki base turunan yang sangat banyak dan yang pastinya bisa dihitung, lalu di base linux ini terdapat turunan lagi dan yang paling menarik adalah tidak terhingga. Siapapun bisa mengembangkan bahkan mempublikasikan sistem operasi linux ini karena bersifat open-source.

Melihat Spesifikasi Di Terminal

Sebelum melakukan running pada terminal kita install terlebih dahulu depedencies yang dibutuhkan dengan mengetikkan perintah dibawah ini untuk melakukan instalasi neofetch dan screenfetch.

sudo apt-get install neofetch
sudo apt-get install screenfetch

Setelah berhasil jalankan perintah satu persatu:

neofetch

Jika berhasil maka akan menampilkan spesifikasi yang cukup menarik seperti gambar dibawah ini.

Melihat Spesifikasi Linux Di Terminal
screenfetch

Dibawah ini merupakan hasil yang menarik jika menggunakan screenfetch.

Melihat Spesifikasi Linux Di Terminal

Posting Komentar