Agar Sablon Kaos Lebih Awet Kenali Beberapa Tipe Sablon Ini

Beberapa tipe atau jenis sablon yang sering diterapkan di industri konveksi agar sablon kaos lebih awet dan berkualitas tinggi.
Agar Sablon Kaos Lebih Awet Kenali Beberapa Tipe Sablon Ini

Dalam memilih sebuah kaos yang kita gunakan sehari-hari, pemilihan kualitas dan kenyamanan merupakan hal yang sangat penting sekali, meskipun beberapa faktor juga terlihat penting seperti harga dan tipe sablon yang digunakan. Membahas tipe sablon pada kaos tidak akan pernah ada habisnya, kita contohkan saja sablon yang sering kita jumpai seperti DTG (Direct To Garment) yang menjadi standar digital printing untuk kaos dan sering dipakai. 

Ada beberapa macam tipe sablon yang bisa dipakai untuk industri konveksi ataupun lainnya, dan pastinya terjamin keawetannya.

5 Tipe Sablon Yang Baik Untuk Kaos

1. Sablon DTG

Direct To Garment atau DTG merupakan jenis sablon yang paling hits saat ini dan diadopsi dalam berbagai jenis kaos atau baju yang beredar di pasaran. Proses sablon DTG dilakukan dengan menggunakan mesin digital sehingga hasilnya sangat jelas dan detail. Warna putih sangat dianjurkan untuk teknik sablon DTG ini, hasil cetak dan penyablonan pada kaos putih dijamin akan sangat memuaskan, tidak ada batasan warna untuk kaos yang akan dibuat, tidak seperti pada metode sablon yang lainnya. Biaya produksi yang cukup tinggi, membuat baju yang menggunakan cetak sablon DTG ini lebih mahal harganya.

2. Sablon Rubber

Sablon ini memiliki sifat yang timbul dan elastis dapat digunakan untuk kaos berwarna gelap maupun terang untuk menutupi rajutan kain. Karena bersifat elastis, sablon rubber juga sering disebut sebagai sablon karet. Dari sisi bahan, untuk Rubber maupun Plastisol hampir sama tapi bau cat Rubber sangat menyengat diwaktu basah. Sablon rubber juga bisa dijadikan sebagai teknik penyablonan dasar sebelum menggunakan teknik sablon lainnya, sehingga jenis sablon rubber menjadi jenis sablon yang terbaik, dan termasuk bahan tinta sablon yang termurah.

3. Sablon Plastisol

Sablon plastisol akan memberikan efek warna cerah dan memiliki daya rekat yang paling kuat dibandingkan jenis tinta pada sablon lainnya. Selain itu, sablon plastisol juga ditawar dengan harga yang lumayan mahal sebanding dengan kualitasnya. Sablon plastisol menjadi sablon yang digunakan sebagai standar internasional, jenis sablon berbahan dasar cat minyak ini juga memiliki kemampuan istimewa untuk mencetak dot super kecil dengan hasil prima, sangat irit dan bahkan tanpa limbah.

4. Sablon Pigmen

Posisi selanjutnya ada sablon pigmen yang merupakan salah satu jenis sablon terbaik meskipun sudah turun pamornya, tetapi banyak dipakai dan digunakan, terutama apabila dipadukan dengan kaos berwarna cerah atau terang. Sablon jenis ini tidak terlalu elastis dan cenderung kaku, serta pada saat luntur akan menyisakan bekas pada kaos dan mudah menyerap ke dalam serat kain. Kekurangan dari sablon pigmen ialah tidak bisa digunakan untuk penyablonan pada kain gelap. Biasanya warna tinta sablon pigmen akan kalah dengan warna gelap kain itu sendiri.

5. Sablon Polyflex

Sablon polyflex ini sangat unggul dalam menciptakan warna-warna padat yang membutuhkan ketajaman warna tinggi. Polyflex menggunakan material sejenis sticker vinyl dan memiliki hasil warna yang cerah, detail, awet dan juga tahan lama. Sablon polyflex tergolong juga sebagai sablon digital. Katun dan polyster biasanya menjadi bahan yang sering digunakan dalam sablon Polyflex. Biasanya sablon jenis ini digunakan untuk pembuatan nomor pada jersey sepak bola. 


Setelah membahas beberapa tipe sablon yang awet dan cocok digunakan berdasarkan kebutuhan, kita juga harus bijak dalam memilih bahan untuk melakukan sablon tersebut. Di Surabaya terdapat industri konveksi yang menjual bahan yang sangat bagus untuk memulai sablon, di Industri Konveksi Surabaya yang bernama Vidogarment ini tidak hanya menyediakan kaos saja tetapi menyediakan beberapa tipe lainnya seperti polo, kemeja, jaket, rompi, semi jas, celana dan training. Selain menjual beberapa produk yang sangat banyak Vidogarment juga melayani jasa design sesuai kebutuhan konsumen dan yang paling menarik disini adalah konsultasi yang siap melayani selama 24 jam dan akan membantu menentukan produk garment yang pas sesuai keinginan.

Vidogarment memiliki banyak pelanggan ternama yang menjadikan Vidogarment sangat dipercaya dan memiliki kualitas pembuatan pakaian yang bagus. Vidogarment sudah beroperasi selama lebih dari 10 tahun, ini membuat Vidogarment lebih berpengalaman dalam industri konveksi di Surabaya.

Posting Komentar