Membuat Folder Di Terminal Linux

Membuat Folder Di Terminal Linux
Folder merupakan tempat penyimpanan atau tempat berkumpulnya file dan folder lainnya dalam jumlah banyak maupun sedikit,dalam hal ini folder dan directory merupakan satu pengertian yang sama.Banyak dari semua orang lebih mengenal folder daripada directory tetapi di dalam linux orang-orang mulai menyebutnya dengan directory,itu juga tergantung dengan orangnya juga sih jadi prefer kepada orang tersebut.

Kali ini saya akan memberikan sedikit tips dan tutorial yang bermanfaat bagaimana cara membuat folder atau directory di linux menggunakan terminal,dalam tutorial ini saya akan menjelaskan secara singkat dan padat bagaimana cara menggunakan perintah mkdir dalam membuat sebuah directory di terminal linux.mkdir sendiri merupakan kepanjangan dari make directory dan sering kali disingkat dengan md.

Membuat Folder Di Terminal Linux

Pertama teman-teman buka dahulu terminal dengan shortcut CRTL + ALT + T kali ini kita menggunakan perintah mkdir sebagai perintah utama dalam membuat directory ini.

Membuat 1 Folder

Untuk membuat 1 folder atau directory temen-temen bisa menggunakan perintah mkdir nama_file dengan syarat nama file tidak boleh menggunakan spasi.
Membuat 1 Folder Di Terminal Linux

Membuat Lebih Dari 1 Folder

Untuk membuat lebih dari 1 folder sekaligus bisa menggunakan perintah mkdir nama_file1 nama_file2 nama_file3 nah dari sini temen-temen bisa membuat file lebih dari 3 sekalipun,bahkan juga 100 kalau tidak capek.
Membuat Banyak Folder Di Terminal Linux

Membuat Folder Dengan Spasi

Nah untuk yang ketiga membuat folder menggunakan spasi dengan perintah mkdir nama\ file pada simbol \ merupakan petunjuk untuk membuat spasi antara kata pertama dan berikutnya.
Membuat Folder Dengan Spasi Di Terminal Linux

User Options mkdir

untuk user options ini merupakan perintah tambahan yang terdapat dalam perintah mkdir seperti:
  • -m atau --mode = Menentukan permission folder yang dibuat oleh mkdir dengan octal.
  • -p atau --parents = Membuat folder parents jika membutuhkan,contoh mkdir -p a/b akan membuat direktori a jika tidak ada, maka akan membuat direktori b di dalam direktori a. Jika direktori yang diberikan sudah ada, abaikan kesalahan.
  • -v atau --verbose = Membuat pesan ketika membuat folder.
  • -z = Mengubah SELinux security setiap membuat directory

Baca juga

Posting Komentar