Memahami Perintah CD Untuk Masuk Dan Keluar Directory Di Linux

Memahami Perintah CD Untuk Masuk Dan Keluar Directory Di Linux
Directory adalah sebuah berkas file ataupun folder yang didalamnya ada sebuah file atau folder lagi. Dalam hal ini kata directory berbeda dengan folder, di sistem operasi windows kita akan menyebutnya dengan folder sedangkan jika kita di sistem operasi linux kita akan menyebutnya dengan directory, apakah kedua hal ini berbeda? jelas tidak karena ini hanyalah penyesuaian kata saja tetapi beberapa orang diluar sana ada yang menyebutnya berbeda. Ketika kita mengakses sebuah directory menggunakan command atau terminal atau command line interface sering kali kita kebingungan dengan command yang sangat banyak dan jarang diketahui, oleh karena itu saya untuk menyampaikan kegunaan perintah dari CD ini sebagai perintah masuk dan keluar directory di linux. CD merupakan kepanjangan dari Change Directory yang berarti perintah ini difungsikan untuk mengubah directory atau berpindah directory.

Penggunaan Perintah Change Directory

Pada dasarnya penggunaan perintah change directory tidak berbeda antara sistem operasi windows dan linux, tetapi saya disini akan berusaha untuk membuat teman-teman paham akan kegunaan dari perintah ini.

Masuk Ke Dalam Directory

Masuk Ke Dalam Directory
Yang pertama dalam penggunaan perintah cd ini adalah masuk ke dalam directory. Perhatikan baik-baik pada gambar, disitu saya masih berada pada directory home yang menandakan ~ sedangkan saya ingin masuk kedalam sebuah directory yang bernama Documents, maka perintah yang digunakan adalah cd Documents penggunaan huruf kecil dan besar sangat berefek pada sistem operasi linux ini. Lihat lagi pada gambar yang semula directory aktif saya ~ (home) telah menjadi ~/Documents. Jadi kesimpulannya untuk masuk ke dalam directory harus menggunakan perintah cd nama_directory.

Keluar Directory

Keluar Directory
Sedangkan ketika ingin keluar kedalam directory aktif kita harus menambahkan beberapa perintah sederhana menjadi cd .. lihat pada gambar, disitu saya masuk ke directory aktif ~/Documents lalu saya menggunakan perintah cd .. agar bisa keluar dari directory tersebut sehingga directory aktif saya menjadi ~ (home) lebih jelasnya bisa melihat gambar diatas.

Masuk Ke Dalam 2 Directory Atau Lebih

Masuk Ke Dalam 2 Directory Atau Lebih
Untuk masuk ke dalam 2 directory atau lebih kita diharuskan menambahkan simbol / sebagai penanda masuk ke dalam directory, lebih jelasnya bisa melihat gambar diatas. Pada gambar tersebut memperlihatkan saya berada pada directory aktif yaitu ~ (home) sedangkan saya ingin masuk ke dalam directory Otak yang berada pada directory Backup dan Documents, maka langkah-langkah yang harus saya lakukan adalah dengan mengetikkan cd Documents/Backup/Otak sehingga directory aktif saya berubah menjadi ~/Documents/Backup/Otak yang semula adalah ~ (home). Jadi kesimpulannya untuk masuk ke dalam 2 directory atau lebih harus menggunakan perintah cd namaDirectory1/namaDirectory2/namaDirectorySelanjutnya sampai sekian.

Masuk Ke Directory Secara Langsung

Masuk Ke Directory Secara Langsung Root
Sebenarnya cara ini tidak cukup berbeda dengan cara diatas tetapi yang membedakannya adalah kita cukup mengetikkan mount point atau directory yang kita ingat kedalam perintah cd, sebagai contoh saya ingin masuk ke dalam directory root (/) dengan menggunakan cd, maka perintah yang harus dilakukan adalah cd / lihat gambar diatas sebagai contoh.

Masuk Ke Directory Secara Langsung Home
Sedangkan jika saya ingin masuk ke dalam directory home maka saya perlu mengetikkan perintah cd ~ yang menandakan ~ adalah shortcut dari directory home yang digunakan user saat ini, sebagai contoh bisa melihat gambar diatas. Untuk selengkapnya mengenai mount point bisa membacanya di artikel berikut ini.

Baca juga

Posting Komentar