Cara Membuat Setup Exe Dengan WinRar

Bagaimana cara compress file dan folder dengan software WinRar dan menjadikannya setup atau exe agar mudah di install oleh orang lain.
Cara Membuat Setup Exe Dengan WinRar

Temen-temen pasti tidak asing dengan software yang bernama WinRar, software ini cukup fleksibel dari bisa membuat file dan folder menjadi .rar atau compressed sampai .exe atau setup. Tetapi apakah temen-temen sudah bisa membuat setup ini, pasti belum tahu ya, untuk itu ikuti cara dibawah ini.

SFX atau kepanjangan dari Self-Extracting yang berfungsi mengextract file atau folder tanpa perlu software dukungan karena file ini berupa .exe dan kompatibel di semua versi windows, saya kasih contoh bila kita mengcompress file atau folder menggunakan WinRar maka menghasilkan extension .rar dan kita harus bisa mengextractnya dengan software sejenisnya tetapi dengan .exe ini kita tidak perlu menginstall software itu. Cukup jelaskan penjelasan tersebut,untuk caranya bisa mengikuti dibawah.

Kelebihan Menggunakan SFX

Adapun kelebihan yang didapat ketikan menggunakan fitur SFX ini seperti.
  • Program bisa berjalan tanpa software dukungan
  • File extension bersifat universal di windows
  • Bisa kustomisasi icon
  • Menambahkan license
  • Konfigurasi lanjutan
  • Bisa memilih metode compress

Membuat File Setup

Untuk menggunakan fitur setup atau SFX ini temen-temen harus sudah menginstall software WinRar jika belum maka silahkan download WinRar.

Langkah selanjutnya adalah menginstall WinRar jika sudah menginstall silahkan pilih file atau folder lalu klik kanan dan pilih add to archive.
Membuat Setup Exe Dengan WinRar

Maka akan muncul window seperti ini pada bagian archiving options centang Create SFX Archive untuk merubah metode compress pada bagian compression method pilih mulai dari paling kecil sampai biasa saja (Store to Best).
Konfigurasi Membuat Setup Exe Dengan WinRar

Bergeser pada bagian tab advanced disini kita bisa melakukan konfigurasi lanjutan seperti metode enkripsi pada partisi NTFS, nah untuk mengatur lisensi, icon, comment dan lain-lain bisa diatur pada window Advanced SFX options yang berada di sebelah kanan dan bertuliskan SFX options.
Advanced Konfigurasi Membuat Setup Exe Dengan WinRar

Posting Komentar