Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer

Bagaimana cara mengetahui spesifikasi komputer/pc di windows dengan cepat.
Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer

Apakah sobat tahu spesifikasi komputer sobat sendiri? atau apakah sobat ingin membeli komputer tapi tidak tahu spesifikasinya? di sini saya akan menjelaskan lebih jelas bagaimana melihat spesifikasi komputer di Windows apapun versinya, mulai dari windows xp sampai windows 10 memiliki cara yang relatif sama dan tidak pernah berubah sampai sekarang. Bagi sobat yang ingin mempelajari apa itu spesifikasi bisa membaca artikel ini sampai habis.

Apa Itu Spesifikasi?

Dimana suatu halaman web menjelaskan bahwa Spesifikasi adalah perincian teknis atau karakteristik umum yang dimiliki oleh sebuah perangkat. Spesifikasi tidak harus dijelaskan secara lengkap dan rinci, di sistem operasi windows telah dijelaskan secara singkat bagaimana spesifikasi dari sebuah perangkat tersebut, tetapi bila mana sobat tidak puas dengan hasil tersebut sobat bisa mencoba aplikasi pihak ketiga untuk melihat spesifikasi komputer secara lengkap seperti software CPU-Z dan sejenisnya.

Bagaimana Cara Melihat Spesifikasi Itu Sendiri?

Untuk melihat spesifikasi secara sederhana bisa mengikuti cara dibawah ini, cara ini tergolong umum dan banyak diketahui oleh user lainnya.

  1. Pada shortcut Desktop klik kanan lalu pilih Properties.
  2. Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer
  3. Lalu akan terbuka pop up di situ dijelaskan spesifikasi komputer tersebut secara sederhana, sampai dijelaskan lisensi dari windows itu sendiri. Bahkan jika ada tambahan maka ada logo vendor yang telah memproduksi komputer atau laptop tersebut.
  4. Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer

Sedangkan untuk melihat spesifikasi komputer secara detail dan lengkap bisa melakukan cara dibawah.

  1. Tekan tombol Windows+R lalu ketikkan dxdiag dan Enter.
  2. Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer
  3. Setelah di enter maka akan muncul window baru, disitu akan diberi informasi mengenai spesifikasi yang digunakan secara rinci, sobat bisa mengubah tab untuk melihat lebih banyak. Informasi yang dihasilkan cukup memuaskan mulai dari memory, cpu, kartu grafis sampai dengan driver, tetapi jika hasil tersebut kurang lengkap sobat bisa menggunakan software pihak ketiga yang sudah saya sebutkan diatas.
  4. Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer

Posting Komentar